5 Manfaat Tanaman Salvia Hispanica Bagi Kesehatan

INFO JALANAN – Salvia hispanica merupakan tanaman yang memiliki biji chia atau chia seed sedang populer bagi orang-orang yang sedang menjalani hidup sehat.

Chia seed termasuk dalam kategori superfood yang kaya akan serat, vitamin, antioksidan, omega 3, dan protein.

Bentuk chia seed mirip dengan biji selasih, punya segudang manfaat untuk kesehatan. Simak yuk beberapa manfaat dari chia seed.

1. Mengatasi kolesterol

Kandungan asam lemak omega 3 pada chia seed dapat membantu menurunkan kolesterol karena memiliki monounsaturated yang terbukti dapat menurunkan kolesterol. Karena dapat menjaga kolesterol sehingga tidak mudah gemuk.

Baca Juga  4 Rekomendasi Buku Kesehatan Jiwa, Cocok Buat yang Suka Baca

2. Menurunkan berat badan

Meski dengan proses dan tidak langsung menurunkan berat badan, serat tinggi yang dikandung chia seed dapat melancarkan pencernaan yang dapat membuat berat badan cepat turun. Membantu mengurangi lemak serta proteinnya mampu menahan perut agar terasa kenyang lebih lama.

3. Kontrol gula darah

Chia seed dapat mengontrol gula darah karena memiliki serat tinggi sehingga dapat bekerja mengurangi permasalahan resistensi insulin dalam tubuh. Hal ini sangat bagus untuk menghindari penyakit diabetes.

4. Membantu tidur lebih rileks

Baca Juga  5 Tanaman Populer Ini Beracun, Tempatkan Secara Hati-hati !

Triptofan yang tinggi dan omega 3 pada chia seed dapat mengurangi stress pada tubuh, sehingga cocok untuk kamu yang mengalami susah tidur agar kualitas tidurmu lebih nyenyak.

5. Cegah tumbuhnya sel kanker

Memiliki kandungan asam alpha-linoleat yang baik bermanfaat untuk mencegah sel kanker, khususnya kanker payudara. Chia seed juga bisa dibuat sebagai minyak dan mengandung sifat anti kanker, mampu mengurangi dan menghambat pertumbuhan sel kanker.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here