5 Tanaman Populer Ini Beracun, Tempatkan Secara Hati-hati !

Sago Palm/ thespurce.com

INFO JALANAN – Di Indonesia, masyarakat kini mulai menggemari untuk memiliki tanaman hias. Bukan hanya diluar ruangan, kini masyarakat juga menempatkan tanaman hias didalam ruang.

Contohnya seperti di lobi kantor, hotel, bahkan karyawan kantor juga menempatkan tanaman hias di atas meja kerjanya.

Oleh karena itu, banyak ragam tanaman hias kini diburu, mulai dari janda bolong hingga gelombang cinta. Alhasil, harga sejumlah tanaman hias pun meroket tajam.

Jika sebelumnya sebuah janda bolong dibanderol paling mahal Rp30.000, kini bisa dijual seharga jutaan rupiah tergantung pada jenis dan keunikannya.

Namun perlu dipahami bahwa beberapa tanaman hias yang tampak begitu indah dan elegan, tapi ternyata mengandung racun dan bisa membahayakan nyawa peniikmatnya.

Bagi orang dewasa, sebenarnya tak terlalu masalah. Tapi, jika ada anak kecil di rumah yang masih suka memasukkan benda apapun ke mulutnya, 5 tanaman hias berikut sebaiknya segera disingkirkan.

Dilansir InfoJalanan dari Green and Vibrant berikut 5 tanaman hias yang berbahaya bagi manusia:

Baca Juga  Lebih Baik Dikurangi, 5 Alasan Untuk Berhenti Makan Mie Instan Terlalu Sering

1. Dieffenbanchia

Tanaman hias ini lebih dikenal sebagai daun bahagia atau bunga bahagia di Indonesia. Daun bahagia menjadi salah satu favorit para pecinta tanaman karena termasuk mudah untuk merawatnya.

Namun, tanaman ini bisa jadi racun untuk manusia. Daun bahagia memiliki kristal kalsium oksalat yang tidak larut. Di bawah mikroskop, bentuknya terlihat seperti jarum kecil.

Bagian manapun dari tanaman ini, baik batang atau bunganya, jika tertelan akan menimbulkan efek terbakar,bengkak, iritasi pada mulut dan tenggorokan, serta kesulitan menelan. Bahkan, kristal kalsium oksalat dapat menyebabkan iritasi ketika tersentuh kulit.

2. Sirih gading

Sirih gading atau Epipremnum aureum juga menjadi salah satu tanaman hias populer karena mudah perawatannya. Daunnya pun cantik, dengan bentuk hati serta beragam warna dengan pola uang unik.

Namun, sirih gading juga mengandung kristal kalsium oksalat tidak larut di dalamnya. Tak sengaja menelannya, akan menyebabkan efek seperti saat menelan daun bahagia.

3. Philodendron

Philodendron merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di hutan tropis, sehingga sangat cocok ditanam di Indonesia.

Baca Juga  5 Manfaat Tanaman Salvia Hispanica Bagi Kesehatan

Tanaman ini memiliki beragam jenis dengan perawatan yang mudah. Bentuknya pun indah sehingga menjadi salah satu tanaman hias populer.
Seperti daun bahagia dan sirih gading, philodendron juga mengandung kristal kalsium oksalat tidak larut. Meski tak terlalu berbahaya, namun bisa berefek fatal jika kandungan tersebut menyebabkan bengkak di tenggorokan saat tak sengaja tertelan.

4. English Ivy

Tanaman merambat yang satu ini juga menjadi populer karena bentuknya yang cantik. Ia bisa tumbuh dengan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Biasanya, selain sebagai tanaman hias, english ivy juga populer dimanfaatkan sebagai filter udara di dalam ruangan.

Namun, english ivy memiliki kandungan saponin yang cukup berbahaya bagi manusia. Selain itu, ia juga mengandung falcarinol dan didehydrofalcarinol pada daun, batang, dan buahnya.

Kandungan tersebut bisa menyebabkan dermatitis kontak yang cukup parah. Bahkan, bagi orang yang memiliki alergi, getah tanaman ini bisa menyebabkan rasa terbakar yang sangat parah.

Baca Juga  Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Bersiap untuk Menerima Kejutan dari Pasangan!

Sementara itu, memakan buah dari english ivy dapat menyebabkan kejang-kejang pada manusia dan membutuhkan beberapa waktu untuk penyembuhan.

5. Sago palm

Sago palm atau dikenal pula dengan nama penawar jambe merupakan salah satu tanaman hias yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini sangat populer karena mudah dirawat dan kuat alias tidak mudah mati.

Sayangnya, tanaman ini ternyata sangat beracun. Ia memiliki kandungan cycasin yang dapat menyebabkan masalah hati pada manusia.

Jika tertelan, terutama bijinya, akan menyebabkan muntah, diare, kelumpuhan, kejang hingga koma. Bahkan, pada beberapa kasus dapat menyebabkan kerusakan dan gagal hati yang berakhir kematian.

Kelima tanaman ini memang indah dan mudah dirawat. Namun, mengingat kandungan racun dan efeknya terhadap manusia, sebaiknya hindari menanamnya di sekitar rumah.

Jika memang ingin menanam kelima jenis tanaman hias tersebut, sebisa mungkin jauhkan dari jangkauan anak kecil. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here