8 Tips dan Cara Merawat Kulit Kering Saat Cuaca Dingin

INFO JALANAN – Perawatan kulit saat musim dingin umumnya akan berbeda dari hari-hari lainnya. Agar kulit senantiasa terjaga kesehatannya, berikut ini tips yang dapat kamu lakukan selama cuaca dingin.

  • Kurangi menggunakan sabun berlebihan

Kulit kering yang kerap timbul saat cuaca dingin bisa menambah parah oleh penggunaan sabun yang berlebihan. Maka dari itu, hanya gunakan sabun pada area kulit wajah yang diperlukan.

Selain membatasi penggunaannya, kamu juga dapat mengganti sabun yang biasa digunakan dengan pembersih yang mengandung pelembap atau berbentuk gel, dan tidak mengandung parfum.

  • Gunakan pelembab

Jika saat ini kamu berada di tempat dengan suhu rendah, kelembapan udara pun umumnya akan turun dan menyebabkan kulit menjadi kering. Karena itu, saat cuaca dingin, penting bagi kamu untuk secara rutin menggunakan pelembap kulit.

  • Waktu mandi
Baca Juga  Konsumsi Makanan dan Minuman Ini, Dijamin Redakan Stres!

Mandi atau berendam menggunakan air hangat ketika cuaca dingin, tentu menjadi pilihan yang menggoda. Namun, jika dilakukan terlalu lama dan sering, kegiatan tersebut justru akan membuat kulit Anda menjadi kering.

Durasi terbaik untuk mandi saat musim dingin hanyalah selama 5-10 menit, menggunakan air hangat. Selain waktu mandi yang singkat, kamu juga disarankan untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas, karena dapat menyebabkan kemerahan pada kulit.

  • Gunakan pakaian kering

Segera ganti pakaian kamu ketika basah akibat hujan. Menggunakan pakaian dan sepatu basah, dapat menyebabkan iritasi kulit, serta menimbulkan rasa gatal.

  • Menggunakan perawatan wajah yang sesuai
Baca Juga  Apa Diet Keto itu? Simak Penjelasannya Yuk!

Ketika cuaca dingin, tahapan perawatan kulit yang dilakukan pun sebaiknya diubah. Pilih pembersih wajah yang berbahan dasar krim, dan kurangi pemakaian toner atau astringen. Sebab, kebanyakan toner maupun astringen mengandung alkohol yang dapat menyebabkan kulit kering.

Saat kulit terasa kering dan gatal, kamu direkomendasikan untuk berhenti menggunakan produk kecantikan yang mengandung alkohol dan parfum, agar wajah dapat kembali lembap, dengan minyak alami yang dikeluarkannya.

  • Rawat tangan dengan  gliserin dan chamomile

Kulit punggung tangan termasuk area kulit yang paling terdampak suhu dingin. Gliserin adalah humektan yang menarik air dari udara ke lapisan luar kulit, dan berfungsi sebagai lapisan pelindung yang membantu mencegah hilangnya kelembaban. Chamomile sangat bagus untuk kulit kering dan eksim karena sifatnya yang anti-inflamasi.

  • Gunakan pelembab
Baca Juga  4 Resep Membuat Infused Water Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Gunakan shea butter, akan memberi tambahan lapisan lipid yang mengencangkan sekaligus memberi kelembapan untuk memastikan kulit kamumendapatkan jumlah kelembaban yang ideal dari udara di sekitarnya. Dan untuk kulit sensitif, hindari pelembap yang beraroma, karena bisa membuat kulit kering.

  • Tutupi kulit saat keluar di cuaca dingin

Angin yang dikombinasikan dengan suhu dingin dapat dengan cepat mengeringkan kulit. Tapi hindari yang terbuat dari kain sutera dan kain sintetis. karena dapat membuat kulit gatal dan iritasi, sehingga membuat kulit makin kering.***

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here