Manfaat Tepung Kanji untuk Atasi Penyakit Asam Lambung

INFO JALANAN – Sakit maag (dispepsia) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Beberapa hal yang menjadi penyebab maag antara lain pola makan, stres, penggunaan obat-obatan tertentu, konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok.

Sakit perut atau maag membuat penderitanya menjadi tersiksa dan merasakan ketidak nyamanan terutama di perut bagian atas, dekat dengan dada.

Kondisi ini bisa muncul akibat penyebab yang idiopatik (tidak diketahui jelas penyebabnya), namun bisa juga terjadi berkaitan dengan kelainan organik tertentu, misalnya GERD (gastroesophageal reflux disease), gastritis, tukak peptikum, kolangitis, pankreatitis, dan sebagainya. Tergantung penyebab, keparahan, dan kondisi penderita secara umum, sindroma dispepsia ini bisa memiliki tatalaksana yang berbeda.

Baca Juga  Banyak Yang Belum Tahu, Berikut 5 Manfaat Olahraga Bersepeda

Ketika seseorang tidak teratur makannya hal itu menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit maag. Saat perut harus diisi, tapi dibiarkan kosong atau ditunda pengisiannya, asam lambung akan mencerna lapisan mukosa lambung sehingga timbul rasa nyeri.

Anda juga perlu tahu bahwa manfaat tepung kanji lainnya adalah dapat dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin menjalankan diet bebas gluten. Tak hanya itu, tepung kanji sangat bermanfaat sekali untuk mengobati asam lambung. Jika Anda mempunyai masalah asam lambung kemudian berujung pada sakit maag, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat tepung tapioka ini.

Baca Juga  5 Manfaat Tanaman Salvia Hispanica Bagi Kesehatan

Manfaat tepung kanji lainnya adalah dipercaya bisa membantu untuk menebalkan kembali lapisan lambung secara alami. Inilah cara membuat tepung kanji untuk asam lambung:

  • Persiapkan tepung kanji kurang lebih 1 ons.
  • Sangrai (goreng tanpa minyak) tepung kanji tersebut hingga agak menguning.
  • Konsumsi 2 sendok setiap hari dan campur dengan setengah gelas air panas.
  • Biarkan bubuk tepung kanji dan air panas melebur. Setelah agak dingin baru kemudian diminum.
  • Minum dengan rutin selama 1 minggu.

Jika cara di atas tidak mampu mengatasi sakit maag yang Anda alami, segera konsultasi dengan dokter spesialis gastrointestinal untuk dapat membantu mengatasi penyakit dan mengetahui penyebab maag.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here