Nasa Dukung Roket Space Misi ke Bulan Tahun 2022 Mendatang

Foto Bulan/PIXABAY

INFO JALANANPendaratan bulan atau lunar lander yang dikontrak badan antariksa NASA akan diluncurkan dengan roket SpaceX pada akhir tahun 2022. Misi ini akan menuju ke Kutub Selatan Bulan.

Awal tahun 2020 ini, NASA memilih Masten Space Systems untuk mengelola pengiriman delapan muatan berbeda ke kutub Bulan sebagai bagian dari program Artemis, yang dirancang untuk mendaratkan manusia di wilayah yang sama pada tahun 2024.

Masten mengumumkan telah menyewa SpaceX untuk meluncurkan pendarat bulan XL-1.

Baca Juga  Manfaatkan Medsos, Batik Bondowoso Tetap Laris Manis

“Keberhasilan peluncuran SpaceX yang terbukti sebelumnya tidak hanya bagus bagi kami, tetapi juga bagus bagi pelanggan kami,” kata CEO Masten Sean Mahoney dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip InfoJalanan.com dari Space.

“Kami berbagi visi yang sama dengan SpaceX dan membuat lebih dari sekadar kemitraan. Ini lebih seperti tim impian,” tambahnya.

Penerbangan Masten ke Bulan merupakan yang kedua dari program NASA. Dua kontrak pertama dalam diberikan kepada Intuitive Machines (yang juga menyewa SpaceX untuk menangani peluncuran) dan Astrobotic (yang menyewa United Launch Alliance). Misi tersebut akan diluncurkan tahun depan.

Baca Juga  Jadwal dan Klasemen MotoGP 2020: Yamaha Monster Energy Pernah Minta Buka Segel Mesin

Instrumen di pendarat Masten akan fokus pada tugas-tugas seperti memetakan komposisi dan suhu Bulan.

Instrumen itu juga akan memotret geologi bulan, dan mengambil sampel material di dekatnya. Pendarat juga akan membawa rover atau penjelajah kecil yang akan mencari tanda-tanda air di bulan.

Selama lebih dari 15 tahun, tim Masten bekerja dengan mitra dari semua jenis untuk menciptakan nilai dalam ekosistem luar angkasa.

“Masten adalah mitra pilihan bagi sesama inovator, dan penjelajah yang mengubah cara kita mengakses dan menggunakan ruang angkasa, membawa manfaat untuk kepentingan manusia di Bumi,” tulis perusahaan dalam pernyataan resminya.

Baca Juga  Jadwal Acara TV Selasa, 8 September 2020 Mulai dari RCTI, SCTV, GTV, Indosiar, Trans7 dan Trans TV

Di bawah program Artemis NASA, misi pengiriman komersial awal Masten akan melakukan eksperimen sains, menguji teknologi dan menunjukkan kemampuan untuk membantu badan antariksa Amerika Serikat itu menjelajahi Bulan dan mempersiapkan misi manusia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here