Ribuan Mahasiswa Demo Tolak UU Cipta Kerja di Banyuwangi Berlangsung Simpatik

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Arman Asmara Syarifudin membagi permen dan minuman mineral pada masa demo mahasiswa dan buruh di pagar DPRD Banyuwangi.

INFO JALANANTerkait sebuah aksi demontrasi tolak Undang Undang Cipta Kerja mahasiwa dan buruh berlangsung semangat dan simpatik.

Meski sebelumnya menuai kritik keras dan tajam soroti kinerja DPR dan pemerintah. Mahasiswa Banyuwangi mampu menyuarakan dengan cara elegan, Senin (12/10/2020).

Mahasiswa Banyuwangi menanggapi serius soal penolakan UU Cipta kerja. Ratusan mahasiswa turun ke jalan merensek gedumg DPRD Banyuwangi.

Sekitar tiga jam menggelar orasi mengecam sikap DPR RI yang melahirkan UU Cipta kerja. Mahasiswa mendesak UU dibatalkan karena tidak memiliki sangat pro rakyat pada beberapa pasal.

Meski sempat ada aksi peleparan air mineral dari kelompok pelajar yang berhasil menyusup di tengah aksi demo mahasiswa. Aksi itu berhasil dinetralisir oleh korlap mahasiswa Banyuwangi.

Baca Juga  Kasus Covid-19 Semakin Bertambah, Tiga Pilar Banyuwangi Siap Gotong Royong
Polisi Wanita (Polwan) Polresta Banyuwangi berhijab membagikan minuman dan permen pada mahasiswa dan buruh aksi tolak UU Cipta Kerja DPRD Banyuwangi

“Jangan mau diprovokasi oleh penyusup kita cinta Banyuwangi yang kondusif. Kita fokus menyuarakan hak rakyat tapi bukan merusak aset-aset rakyat Banyuwangi,” teriak koordinator mahasiswa Banyuwangi.

Aksi demo disusupi pelajar tidak terelakan tidak sedikit mereka mengumpat petugas, namun itu tidak berlangsung lama setelah dua pelajar diamankan polisi.

Aksi ribuan massa ditemui Ketua DPRD Banyuwangi Made Cahyana Negara di dampingi tiga wakil pimpinan DPRD. Dihadapan aksi massa pimpinan dewan sepenuhnya dukung harapan mahasiswa Banyuwangi di pusat meninjau ulang UU Cipta kerja.

Baca Juga  HPCI dan HAI Banyuwangi Touring Culturide Wisata Budaya Banyuwangi

Made juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang menyampaikan pendapatnya secara berani, namun tetap mengedepankan demokrasi yang santun dan bermatabat.

Bahkan Ketua DPRD dan aparat keamanan yang mengamankan jalannya demo di gedung DPRD Jalan Adi Soecipto, salut demo berlangsung simpatik.

Kapolres Banyuwangi Kombes. Pol. Arman Asmara Syarifuddin, yang sejak pagi berada di gedung DPRD mengatakan, demo mahasiswa di Banyuwangi patut diajungi jempol.

Orang nomor satu di Polresta Banyuwangi berterima kasih aksi demotrasi tolak UU Cipta Karya dilakukan demgan cara santun dan mampu menjaga kondusitif.

Baca Juga  Rujak Soto Makanan Khas Banyuwangi, Wajib untuk Dinikmati

“Terimakasih untuk adik-adik mahasiswa PMII, GMNI, HMI dan lain yang belum disebut. Hari ini merka mampu suarakan aspirasi dengan cara damai, santun dan mampu menjaga Banyuwangi damai dan aman,” kata Kombes. Pol. Arman Asmara, Senin (12/10/2020).

Arman mengakui ada dua pelajar diamankan lantaran melakukan aksi pelemparan batu dan provokasi mahasiswa. Aksi demo berlangsung tiga jam berakhir tidak ada insiden kekerasan pihak massa dan keamanan.

Tidak kurang 921 aparat gabungan Polresta Banyuwangi, Kodim 0825, Danlanal Banyuwangi, dua pelton Brimob Polda Jatim amankan jalannya aksi demo.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here