Seperti Ini Bentuk Teh Putih, Harganya Bisa Mencapai Rp2 Juta per Kilogram

Teh Putih/ https://www.twinings.co.uk/

INFO JALANANMasih banyak orang yang belum begitu mengenal teh yang satu ini. Mengenal saja belum, apalagi aroma dan khasiatnya . Teh ini biasa disebut dengan teh putih atau dalam bahasa inggris dikenal dengan white tea.

Kita mungkin terbiasa dengan teh biasa yang seperti daun kering, hijau kecoklatan. Atau bubuk the hijau yang membuat kita sedikit sayang untuk mengonsumsinya karena harganya yang cukup wow.

Ternyata, harga teh putih ini lebih wow lagi. Dikutip dari postingan Kementerian Pertanian RI di akun resmi Instagramnya, harga teh putih ini berkisar antara Rp1,5-Rp2 juta rupiah per kilogram. Atau sekitar 2-3 kali lebih mahal dari harga bubuk greentea kualitas premium.

Penasaran kenapa teh ini bisa begitu mahal harganya?

Konon, teh ini berasal dari China yakni pada zaman Dinasti Song (1279-690 SM). Pada awalnya, teh ini hanya dikonsumsi oleh kaisar dan keluarganya atau pejabat kerajaan.

Baca Juga  Tertimpa Ranting Trembesi, Pengunjung Wisata Djawatan Alami Memar

Baru pada tahun 1891, China memulai ekspor komoditi teh ini sehingga tersebar ke berbagai negara.

Teh putih sendiri merupakan teh yang berasal dari tanaman Camellia sinesis. Sama dengan teh hijau. Meski berasal dari tanaman yang sama, teh putih diambil dari daun teh yang muda dengan metode proses yang berbeda sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang unik.

Seperti halnya teh hijau, teh putih termasuk minuman yang sehat. Kandungan antioksidan dari teh putih dapat mencapai tiga kali lebih banyak dari teh hijau. Nah, sepadan dengan harganya ya.

Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya ini, teh putih berpotensi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti membantu mengurangi risiko penyakit jantung, penuaan pada kulit, menurunkan berat badan, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Pansus DPRD Kabupaten Banyuwangi Bahas Raperda Tentang Kepemudaan

Teh putih dipercaya memiliki efek anti-obesitas. Penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak teh putih bisa membantu menghancurkan lemak dan menghambat pertumbuhan sel-sel lemak baru di dalam tubuh.

Teh putih juga bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Manfaat ini bisa didapat dengan mengoleskan teh putih pada permukaan kulit. Dengan cara ini, teh putih bisa memperkuat sel kulit sekaligus melindunginya dari sengatan sinar ultraviolet yang berbahaya.

Teh putih dapat memerangi kuman, mencegah infeksi, bahkan mampu menghancurkan organisme penyebab penyakit. Teh putih juga terbukti mampu memerangi kuman lebih signifikan dibandingkan dengan teh hijau.

Kandungan fluoride, tanin, dan flavonoid pada teh putih juga dipercaya bisa membantu memelihara kesehatan gigi.

Baca Juga  Ada Tampilan Baru di Map Erangel, Segera Update Game PUBG Kamu Sekarang!

Kandungan substansi alami fluoride pada teh jenis ini mencapai 34 persen, sehingga membuat teh putih efektif untuk mengurangi karies gigi yang biasanya muncul karena pengaruh sisa-sisa makanan dan bakteri.

Seperti halnya teh hijau, teh putih juga bisa memperbaiki sel-sel yang rusak. Ini karena teh putih mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Teh putih juga sangat efektif untuk mengurangi peradangan pada kulit akibat radikal bebas.

Dan yang terakhir, teh putih juga dipercaya bisa membantu tubuh melawan sel-sel kanker.
Kandungan antioksidan di dalam teh putih juga mampu membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker tertentu di dalam tubuh. Seperti kanker paru-paru dan kanker kolon.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here